Tradisi Mandi Balimau Dilakukan Masyarakat Minang Menyambut Bulan Puasa

Sumber : YouTube

Balimau adalah salah satu tradisi masyarakat Minangkabau yang dilaksanaan menjelang Ramadhan. Balimau merupakan kegiatan membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di lubuak atau sungai, acara ini juga diisi dengan bermaaf-maafan satu sama lain.

Kata Balimau memiliki arti memakai atau menggunakan atau melakukan. Sedangkan limau itu artinya jeruk nipis.

Kegiatan ini dilakukan sehari sebelum hari puasa, mereka beramai-ramai pergi ke aliran sungai atau tempat pemandian untuk sama-sama membersihkan diri dengan menggunakan jerik nipis. Itulah mengapa disebut dengan tradisi mandi balimau.

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa harus menggunakan limau?

Pada zaman dulu penduduk masih belum mengenai sabun seperti sekarang, masyarakat hanya menggunakan bahan alami untuk membersihkan diri. Misalnya menggunakan akar yang berfungsi sebagai scrub dan sabunya adalah limau (jeruk nipis) yang dapat melarutkan minyak atau keringat di badan.

Tujuan tradisi ini dilakukan secara turun temurun adalah untuk membersihkan diri secara lahir sebelum memulai berpuasa di bulan Ramadhan.

 

Sumber :

Balimau, Tradisi Mandi Limau dalam Menyambut Puasa di Tanah Minang. Okezone.com. 24 Mei 2017. 24 April 2019. https://news.okezone.com/read/2017/05/24/340/1698593/balimau-tradisi-mandi-limau-dalam-menyambut-puasa-di-tanah-minang.

Share artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Bolu Buatan Amak nan Lamak

Ada acara arisan dan kumpul keluarga ataupun meeting di kantor bingung mau cari cemilannya dimana?? Hanya ada di outlet Minang Nantigo. Tersedia berbagai aneka bolu dan cake CUMA 35.000 aja.

Tinggalkan komentarmu